Explore Indonesia From Merauke To Sabang

Traveljunkieindonesia.comBlog posting kali ini adalah artikel untuk Majalah diRadio Hardrock Radio Bali, edisi 8 Jan-Feb 2011. Yang pasti saya sangat senang karena majalah diRadio edisi 8 ini terbit pas di tanggal unik 11111.  Dan, tentunya saya senang bisa menyebarkan virus “Explore Indonesia” untuk pembaca diRadio. Berikut artikelnya:

Explore Indonesia Dari Merauke Sampai Sabang

Coba riset kecil-kecilan, tanya teman-teman kantor di kanan-kiri Anda, atau bahkan orang random yang papasan di jalan. Pertanyaannya, “Anda tahu Raja Ampat, pulau Togian, pulau weh. dimana sih?” Saya hampir 100% yakin, jawabannya tidak akan jauh-jauh dari “ga”, “dimana tuh”, “deket Bali”, sampai “melompong”.

Saya penasaran dan coba tanya lagi. Kali ini, saya cari bule-bule. Pertanyaan masih sama, “Anda tahu Raja Ampat, pulau Togian, Kakaban, pulau weh. Dimana sih?” wow, sungguh mengagumkan jawaban dari mereka. Misalnya, Mark, bule asal Denmark, “Raja Ampat itu surga dunia. Semuanya eksotis disana.” Atau, si Joana, bule asal Prancis, yang sudah empat bulan tinggal di Bali. “Pulau Togian itu di Sulawesi  bukan, itu ada di dalam list trip saya. Indonesia itu besar, butuh setahun saya untuk mengelilinginya hahaha… Tapi ya, di sini lah surga dunia sesungguhnya, biru, hijau, jingga, coklat, eksotis dan biaya hidup murah.”

Saya bukan ahli masalah pariwisata. Saya juga bukan orang dinas pariwisata. Tapi, logikanya, kalau masyarakat Indonesianya saja tidak tahu apa yang dimilikinya, bagaimana bisa mencintainya. Dan, Saya akan selalu bilang “Why would you go to other countries when the real paradise is right here?” Berikut adalah enam tempat dari favorit saya “Dari Merauke sampai  Sabang”.

Raja Ampat

Kabupaten Raja Ampat letaknya terpencil di Papua Barat. Dibagi menjadi empat pulau utama Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo di samping ribuan yang lebih kecil. Kawasan ini menyimpan sejuta keindahan bawah laut. Wisata bahari Raja Ampat dikenal sebagai salah satu dari 10 wisata menyelam terbaik di dunia. Pesona dan kekayaan alam bawah laut, menjadi andalan Kabupaten Raja Ampat menembus persaingan dunia pariwisata di dunia. Kawasan ini dikenal sebagai pusat sumber daya alam tropis terkaya di dunia. Menikmati awal tahun bersama teman dan pasangan di Raja Ampat adalah sebuah momen terindah yang tak akan terlupakan dalam hidup Anda.

>> What to Do, Diving, Beach hopping, snorkling, kayaking adalah aktivitas terbaik di Raja Ampat. Semua spot masih sangat alami dan terjaga kelestariannya.

Pulau Togian

kepulauan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Tojo Unauna. Dibentuk oleh aktivitas volkanis, pulau ini ditutupi oleh tumbuh-tumbuhan yang subur dan rimbun, serta dikelilingi oleh formasi bukit karang. Batu karang dan pantai menyediakan tempat bagi beberapa binatang laut untuk tinggal dan berkembang biak, seperti kura-kura hijau, dan lain-lain.

>> What to Do, Diving, snorkling di pulau Kadidiri, Memancing, menjelajah hutan di pulau Malenge, atau mengunjungi gunung api Colo di Pulau Una-una adalah aktivitas terbaik di kepulauan ini. Anda juga bisa mengunjungi pemukiman orang Bajo di Kabalutan.

Pulau Kakaban

Pulau ini bertetangga dengan pulau derawan, Kalimantan Timur. Hal yang membuat unik pulau ini adalah salah satu pulau yang memiliki danau purba. Konon, Danau purba itu hanya ada dua di dunia yaitu ada di Republik Palau dan Pulau Kakaban, Indonesia. Danau  ini, berisi jelly fish atau ubur-ubur bahasa Indonesianya. Kalau snorkling di danau ini, Anda akan mendapatkan sensasi luar bisa berenang bersama jutaan jelly fish yang tak berbisa, bak berenang didalam danau berisi agar-agar yuhuuuu 😀

>> What to Do, Diving, snorkling, kayaking bersama jutaan jelly fish 🙂

Karimunjawa

Kepulauan yang masuk dalam wilayah Jepara, Jawa tengah. Memiliki belasan pulau cantik nan eksotis. Saking cantiknya kepulauan karimunjawa, menurut saya tak kalah dengan keindahan Kepulauan Caribbean. Salah satu pulau favorite saya di karimunjawa yaitu pulau gosong. Pulau gosong ini berpasir putih, air laut berwarna biru toska, dan hanya dihuni oleh pohon kelapa. Buat yang suka ber’Naturist Adventures’ pulau ini sangat cocok J

>> What to Do, Diving, snorkling, Memancing, menjelajah pulau-pulau kosong, atau hanya berleha-leha di atas pasir putih sambil membaca sebuah buku favorite. Anda juga bisa berenang dengan sekumpulan ikan Hiu di sebuah penangkaran.

Lombok

Tidak bisa dipungkiri, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, menjadi surga bagi para traveler. Selain objek wisata pantai, pulau di sebelah Timur Bali ini memiliki keindahan alam pegunungan yang mempesona. Yakni, wisata alam Gunung Rinjani di Taman Nasional Gunung Rinjani, Desa Tete Batu, Kecamatan Sikur. Selain itu, Lombok itu sangat identik dengan Senggigi, Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Tapi, Lombok masih memiliki begitu banyak gili-gili baik di sisi selatan, barat, utara, dan timur. Gili-gili yang harus di kunjungi yaitu Gili Nangu, Gili Sundak, Gili Tangkong, Gili Poh, Gili Anyaran, Gili Lawang, Gili Sulat, dan masih banyak gili-gili lainnya.

>> What to Do, Diving, snorkling, trekking, Memancing, mempelajari budaya penduduk lokal Lombok. Keliling Lombok menggunakan sepeda motor akan lebih mendapatkan sensasi. Kenapa? Karena Tanda-tanda lalu lintas pulau lombok tidak detail seperti yang ada di Bali. Kekurangan ini menjadi hal yang patut di coba seberapa hebatnya Anda untuk tidak tersesat

Bali

Siapa yang tidak kenal Bali? Bali itu lebih terkenal daripada Indonesia. Setiap bertemu bule di luar negeri dan bertanya kepada saya ”dari mana asal mu?”, saya selalu menjawab ”Indonesia Bali”. Kenapa? Karena banyak yang tidak terlalu kenal dengan Indonesia. Biar gampang saya kasih embel-embel Bali saja.

Masih banyak tempat-tempat menarik yang belum terungkap di Bali. Dan, saya tidak akan pernah bosan untuk vakansi ke bali. Bali memang memiliki segalanya baik keindahan alam dan kekayaan budaya. I love Bali!

>> What to Do, Diving, snorkling, surfing, trekking, memancing, rafting, mempelajari budaya Bali dan masih banyak lagi yang kalian menti lakukan di Bali. Keliling Bali ala ”eat, pray, love” kini menjadi tren tersendiri untuk turis lokal maupun mancanegara.

Jadi sekarang, letakkan peta Indonesia dan amati baik-baik. Sudah waktunya untuk tersesat di negara sendiri. Pergi dan nikmati indahnya Indonesia dengan sempurna untuk mengungkap rahasianya, rasakan koneksi dengan alam, budaya, musik, makanan, dan tertawa bersama penduduk lokal.

Explore Indonesia

Sebelum kita mati!

Artikel ini seperti juga yang dimuat dalam Majalah diRADIO 8th edition, Jan – Feb 2011.

Follow TJ on Twitter @TravelJunkieID



SHARING IS CARING
Share on Google+Share on LinkedInTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on Facebook

One Comment

  1. Dejiiig…

    Saya bukan ahli masalah pariwisata. Saya juga bukan orang dinas pariwisata. Tapi, logikanya, kalau masyarakat Indonesianya saja tidak tahu apa yang dimilikinya, bagaimana bisa mencintainya.—> tamparan banget buat anak lulusan sekolah pariwisata..hiks

    Tks ya udah diingetin lagi buat traveling 🙂

    Sukses terus ya pak buat nabung beli pulau..lo pasti bisa suatu saat nanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *