Menjangan, Pulau Eksotis Bali Barat

Menjangan Island, Bali (Image courtesy of Azis Abdullah)

Traveljunkieindonesia.com – Malam itu terang rembulan, saya dan teman travel junkies memutuskan untuk diving dan snorkling besok pagi di Pulau Menjangan, Bali. Melipirlah kita dengan skuter cantik di subuh buta. Damn! kita itu memang Travel Junkies. Pagi itu, Aktivitas di Labuhan Lalang sudah sibuk sejak pukul 7 untuk mengantarkan wisatawan diving, snorkling, dan sembahyang. Pulau Menjangan yang terletak di sebelah utara Bali Barat ini memang terkenal karena alam bawah lautnya yang indah. Hanya perlu 30 menit untuk sampai ke pulau terbesar di kawasan Taman Nasional Bali Barat itu. Namun, kami tidak berangkat dari Labuhan lalang, melainkan langsung ke dive center biar lebih murah sedikit. Dan, Sialnya kita lupa bawa kamera underwater untuk diving. Mau sewa mahal bow…

Pasir putih yang mengelilingi pulau Menjangan menjorok hingga ke dasar laut. Sandy Slope adalah situs penyelaman pertama. Hari itu, kejernihan air laut sangat luar biasa, jarak pandang bisa mencapai 25 meter. Dari atas kapal, coral cantik warna-warni dalam lautan bisa terlihat. Beruntung lah kami, alam saat itu memberikan sisi terbaiknya.

Sweetlips, Angelfish, Batfish merupakan salah satu dari sekian banyak spesies ikan penghuni bawah laut Menjangan. Begitupun Gorgonian sea fans, coral berbentuk kipas, adalah highlight pulau itu.

Menjangan Underwater (Image courtesy of Azis Abdullah)

Pura Gili Kencana di pulau Menjangan, memberikan sensasi yang berbeda. Dasar pasir putih, sudah tidak terlihat jelas seperti di penyelaman pertama tapi sebagai gantinya, coral garden dengan anekaragam hard dan soft coral, menghiasi taman bawah laut itu. Tak jauh dari situ, tampak coral wall yang menjulang hingga kedalaman 30 meter. Rangkaian bunga coral di dinding dengan sedikit arus membawa kami seakan terbang bebas menyaksikan keindahan bawah laut bagaikan film yang berjalan.

Eksotisme pulau Menjangan tidak hanya berakhir di keindahan bawah lautnya saja, alam daratannya pun memiliki pesona keajaiban tersendiri. Pulau Menjangan diambil dari kata Menjangan, yaitu rusa besar yang menjadi penghuni tetap di sana. Habitat mereka dilindungi oleh pemerintah dan termasuk dalam kawanan Taman Nasional Bali Barat.

Untuk menjaga keseimbangan pulau tersebut, kaum Hindu Bali mendirikan Pura di sana. Ada tiga Pura, Pura Gili Kencana yang merupakan salah satu Pura tertua di Bali, Pura Klenting Sari, dan Pura Segara Sigi. Di salah satu Pura itu, terdapat patung Ganesha yang berdiri kokoh menghadap ke laut menjaga keadaan di sana.

Begitu banyak kekayaan alam di Bali Barat tapi jika tidak dirawat kemungkinan kekayaan itu akan hilang. ASiknya penduduk lokal dan pemerintah mengerti akan hal itu, tinggal kami para travel junkies yang harus sadar untuk tetap menjaga lingkungan.

Rekomendasi Dive Center: Disthiscuba Discover West Bali | P. +6281337664214, +628283722673

Follow TJ on Twitter @TravelJunkieID

SHARING IS CARING
Share on Google+Share on LinkedInTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on Facebook

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *