Pembukaan Kongres AMAN IV ditandai dengan Ritual Air Nusantara

Traveljunkieindonesia.com – 1.669 suku dari seluruh Indonesia ambil bagian dalam Kongres Nasional AMAN IV pada tanggal 19 April 2012 ditandai dengan Ritual Air Nusantara yang dihelat di Tobelo, Kab. Halmahera Utara.

“Air yang diambil dari berbagai mata air di setiap daerah, dibawa oleh para peserta Kongres untuk kemudian ditumpahkan di Monumen Air Nusantara. Diharapkan persatuan masyarakat adat Nusantara akan dimulai dengan menyatukan air-air mereka di Tobelo dalam ritual tersebut.” kata ketua AMAN Maluku Utara di Tobelo.

Air dari Tobelo sendiri diambil dari tiga sumber mata air yaitu Mata Air Sungai Molulu di Desa Wangongira (Tobelo Barat), Talaga Biru (Tobelo Barat) dan Talaga Lina (Kao Barat). Empat tetua adat dari Desa Wangongira akan membawa air dari empat penjuru mata angin dan menuangkannya ke dalam kolam Monumen Air yang sudah dipersiapkan.

Bupati Halmahera Utara, Ir. Hein Namotemo mengatakan bahwa ide ritual ini terinspirasi dengan semangat Sumpah Palapa yang pernah dikumandangkan oleh Patih Majapahit, Gadjah mada. Melalui diadakannya Ritual Air Nusantara dirinya berharap semangat sumpah yang sama untuk menyatukan Nusantara akan menjadi unsur pemersatu seluruh masyarakat adat di Indonesia.

Happy Green Travels!

Follow us on Twitter @TravelJunkieID & like us on Facebook.

SHARING IS CARING
Share on Google+Share on LinkedInTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on Facebook