Tobelo : Festival Kuliner Nusantara

Traveljunkieindonesia.com – Ho Tu! Festival Kuliner Nusantara adalah salah satu acara di dalam KMAN IV yang dilaksanakan pada tanggal 22 April 2012 di Tobelo, Halmahera Utara.

Festival Kuliner Nusantara menyajikan berbagai jenis masakan tradisional yang khas dari berbagai komunitas masyarakat adat di nusantara. Masakan yang disajikan diolah oleh utusan masyarakat adat dengan menggunakan bahan-bahan yang dihasilkan dan dibawa dari kampung masing-masing yang bukan didapat dari pasar terutama untuk bahan-bahan yang secara khusus hanya terdapat dikomunitasnya.

Festival Kuliner Nusantara dimaksudkan untuk mengantarkan pengunjung mendapatkan pengalaman keberagaman rasa dan mengenali bahan makanan dari berbagai wilayah. Dalam festival ini ditemukan variasi makanan pokok seperti berbagai jenis beras, sagu, jagung, ubi, singkong, hingga varian minuman seperti tuak Sagero yang memukau.

Melalui kuliner nusantara, Masyarakat Adat ingin meneguhkan pesan bahwa diversifikasi pangan menjadi bagian penting untuk menjamin keadaulatan pangan masyarakat adat.

Dukungan dari berbagai pihak untuk masyarakat adat tetap dapat menjaga kedaulatan atas tanah, wilayah, dan sumber daya alam guna kedaulatan atas pangan dapat terus terjaga di seluruh nusantara.

Travel Junkie Indonesia merasa beruntung telah hadir di Festival Kuliner Nusantara. Mari jelajahi nusantara melalui keberagaman rasa yang tersaji dari masakan tradisional nusantara.

Happy Green Travels!

Follow us on Twitter @TravelJunkieID & like us on Facebook.

SHARING IS CARING
Share on Google+Share on LinkedInTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *