Top 6 Places to Visit in Indonesia

Raja Ampat, Indonesia (Image courtesy of Conservation International)

Traveljunkieindonesia.com – Coba riset kecil-kecilan, tanya teman-teman kantor di kanan-kiri Anda, atau bahkan orang random yang papasan di jalan. Pertanyaannya, “Anda tahu Raja Ampat, pulau Togian, pulau kakaban. dimana sih?” kami hampir 100% yakin, jawabannya tidak akan jauh-jauh dari “ga”, “dimana tuh”, “deket Bali”, sampai “melompong”.

Kami penasaran dan coba tanya lagi. Kali ini, kami cari bule-bule. Pertanyaan masih sama, “Anda tahu Raja Ampat, pulau Togian, pulau Kakaban. Dimana sih?” wow, sungguh mengagumkan jawaban dari mereka. Misalnya, Mike, bule asal German, “Raja Ampat itu surga dunia, saya ingin berkunjung lagi 2011 ini. Semuanya eksotis disana.” Atau, si Charlotte, bule asal Denmark, yang sudah empat bulan tinggal di Bali. “Pulau Togian itu di Sulawesi bukan, itu ada didalam list trip saya. Indonesia itu besar, butuh setahun saya untuk mengelilinginya haha…”

“Indonesia is paradise — its pleasant climate and low cost of living — everything green, blue, tropical, exotic. it’s like a dream.” – Travel Junkie Indonesia

Kami bukan ahli pariwisata. Kami juga bukan orang dinas pariwisata. Tapi, logikanya, kalau masyarakat Indonesianya saja tidak tahu apa yang dimilikinya, bagaimana bisa mencintainya. Dan, kami akan selalu berkata “Why would you go to other countries when the real paradise is right here?” Anda harus pergi mengexplore Indonesia sebelum Anda meninggal.

Letakkan peta Indonesia dan amati baik-baik, sudah waktunya untuk tersesat di negara sendiri. Pergi dan nikmati Top 6 places to visit in Indonesia now dengan sempurna untuk mengungkap rahasianya:

Raja Ampat
Kabupaten Raja Ampat letaknya terpencil di Papua Barat. Dibagi menjadi empat pulau utama Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo di samping ribuan pulau yang lebih kecil. Kawasan ini menyimpan sejuta keindahan bawah laut. Wisata bahari Raja Ampat dikenal sebagai salah satu dari 10 wisata menyelam terbaik di dunia. Pesona dan kekayaan alam bawah laut, menjadi andalan Kabupaten Raja Ampat menembus persaingan dunia pariwisata di dunia. Kawasan ini dikenal sebagai pusat sumber daya alam tropis terkaya di dunia. Merayakan sinar sang surya bersama teman dan pasangan di Raja Ampat adalah sebuah momen terindah yang tak akan terlupakan dalam hidup Anda. What to Do: Diving, Beach hopping, snorkling, kayaking adalah aktivitas terbaik di Raja Ampat. Semua spot masih sangat alami dan terjaga kelestariannya.

Pulau Togian
kepulauan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah. Dibentuk oleh aktivitas volkanis, pulau ini ditutupi oleh tumbuh-tumbuhan yang subur dan rimbun, serta dikelilingi oleh formasi bukit karang. Batu karang dan pantai menyediakan tempat bagi beberapa binatang laut untuk tinggal dan berkembang biak, seperti kura-kura hijau, dan lain-lain.

Kepulauan yang mempesona ini merupakan salah satu permata Sulawesi Tengah. Terumbu karang menakjubkan,  terisolasi pantai berpasir putih terpencil, nelayan tradisional desa yang ada di Bajo dan hutan tropis hijau. What to Do: Diving, snorkling di pulau Kadidiri, Memancing, menjelajah hutan di pulau Malenge, atau mengunjungi gunung api Colo di Pulau Una-una adalah aktivitas terbaik di kepulauan ini. Anda juga bisa mengunjungi pemukiman orang Bajo di Kabalutan.

Pulau Kakaban
Pulau ini bertetangga dengan pulau derawan, Kalimantan Timur. Hal yang membuat unik pulau ini adalah memiliki danau purba. Konon, Danau purba itu hanya ada dua di dunia yaitu ada di Republik Palau dan Pulau Kakaban, Indonesia. Danau  ini, berisi jelly fish atau ubur-ubur bahasa Indonesianya. Kalau snorkling di danau ini, Anda akan mendapatkan sensasi tak terlupakan berenang bersama jutaan jelly fish yang tidak berbisa, bak berenang didalam danau yang berisi agar-agar. What to Do: Diving, snorkling, kayaking bersama jutaan jelly fish

Komodo National Park
Taman ini mencakup 3 pulau utama yaitu Pulau Komodo, Rinca, dan Padar, banyak juga pulau-pulau kecil lainnya. Berada di Taman Nasional Komodo seakan saja Anda berada di planet lain, sebuah pengalaman sangat mengesankan dan tak terlupakan bila mengunjunginya. Taman Nasional Komodo dinyatakan sebagai a World Heritage Site dan Man and Biosphere Reserve oleh UNESCO tahun 1986.

Kawasan ini menyimpan sejuta keindahan bawah laut. Perairan Komodo juga termasuk salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Anda dapat menemukan 385 spesies karang yang indah, hutan mangrove, dan rumput laut sebagai rumah bagi ribuan spesies ikan, 70 jenis bunga karang, 10 jenis lumba-lumba, 6 macam paus, penyu hijau, dan berbagai jenis hiu dan ikan pari. Sementara di atasnya terpampang pulau-pulau indah berpasir putih hingga yang berpasir merah muda. What to Do: Diving, Beach hopping, snorkling, kayaking, trekking, dan mempelajari prilaku Komodo adalah aktivitas terbaik di Taman Nasional ini. Semua spot masih sangat alami dan terjaga kelestariannya.

Wakatobi
Wakatobi merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara, Indonesia. Ia baru resmi dibentuk pada 2003. Daerah ini dikenal dengan keindahan bawah laut yang exotic, keragaman hayati laut, pantai yang indah, dan merupakan bagian dari The Coral Triangle yang menjadi rumah bagi 750 spesies karang dari total 850 spesies di dunia.

Selain diving dan snorkeling, anda juga bisa menikmati atraksi lumba-lumba dengan Dolphin Watching atau melihat panorama matahari terbit dan tenggelam di Hoga, salah satu tempat dengan panorama sunset dan sunrise tereksotik di dunia. Di malam hari, langit gelap juga menawarkan taburan bintang cocok bagi yang menyukai astronomi. What to Do: Diving, Beach hopping, snorkling, kayaking adalah aktivitas terbaik di Wakatobi. Semua spot baik darat dan bawah laut sangatlah exotic dan terjaga kelestariannya.

Lombok  & Bali
Tidak bisa dipungkiri, Pulau Lombok & Bali, kini menjadi surga bagi para traveler. Keunikan Lombok & Bali yaitu sama-sama memiliki pantai bernama Kuta. Pulau Lombok memiliki keindahan alam pegunungan yang mempesona. Yakni, wisata alam Gunung Rinjani di Taman Nasional Gunung Rinjani, Desa Tete Batu, Kecamatan Sikur. Selain itu, Lombok itu sangat identik dengan Senggigi, Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Tapi, Lombok masih memiliki begitu banyak gili-gili baik di sisi selatan, barat, utara, dan timur. Gili-gili yang harus di kunjungi yaitu Gili Nangu, Gili Sundak, Gili Tangkong, Gili Poh, Gili Anyaran, Gili Lawang, Gili Sulat, dan masih banyak gili-gili lainnya.

Siapa yang tidak kenal Bali? Bali itu lebih terkenal daripada Indonesia. Masih banyak tempat-tempat menarik yang belum terungkap di Bali. Dan, kami tidak akan pernah bosan merekomendasikan Bali sebagai tujuan untuk bervakansi. Bali memang memiliki segalanya baik keindahan alam dan kekayaan budaya. What to Do: Diving, snorkling, surfing, trekking, rafting, memancing, mempelajari budaya penduduk lokal Lombok & Bali. Keliling Lombok & Bali menggunakan sepeda motor akan lebih mendapatkan sensasi. Keliling Bali ala ”eat, pray, love” kini menjadi tren tersendiri untuk turis lokal maupun mancanegara.

Jadi sekarang, letakkan peta Indonesia dan amati baik-baik. Sudah waktunya untuk tersesat di negara sendiri. Pergi dan nikmati indahnya Indonesia dengan sempurna untuk mengungkap rahasianya, rasakan koneksi dengan alam, budaya, musik, makanan, dan tertawa bersama penduduk lokal.

Happy Green Travels!

Follow us on Twitter @TravelJunkieID & like us on Facebook.

This is a Sponsored Post.

Travel Junkie Indonesia Magazine Post | Vol 2, Naturist Issue.

SHARING IS CARING
Share on Google+Share on LinkedInTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on Facebook

2 Comments

  1. Gua suka banget jalan-jalan di Indonesia, tapi kurang setuju dengan ini –> “Why would you go to other countries when the real paradise is right here?”
    Jalan-jalan keluar negeri tetap perlu ah… kan biar tau negerinya menang apa dibanding negeri lain ;). Abis jalan-jalan ke beberapa negara tetangga, gua justru jadi lebih ngefans sama Indonesia loh.

  2. Diving dan kayaking di dalam danau Kakaban nggak boleh kalo menurut penduduk sana karena gelembung dari tangki oksigen dan kepakan dayung bisa membunuh si ubur-ubur.. 2 kegiatan ini boleh dilakukan di bagian luar danau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *