Travel Junkie Social Responsibility (TJSR) untuk Ngudi Ilmu

Mertelu, Traveljunkieindonesia.com – Sebagai bentuk komitmen saya menjadi seorang Travel Junkie in the world of travel writing adalah meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat, Travel Junkie telah melaksanakan beberapa program yang saya harapkan dapat meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia untuk menjadi lebih baik.

Travel Junkie Social Responsibility yang saya lakukan pada umumnya guna pengembangan dan peningkatan kualitas masyarakat. Kepedulian terhadap sesama, mengembangkan Green Environment serta memberikan dukungan dalam pengembangan lingkungan sosial.

Pada tahun ini, Travel Junkie Social Responsibility (TJSR) memberi paket buku (koleksi pribadi) untuk Ngudi Ilmu. Sebagai Travel Junkie yang belum kaya raya ini hanya dapat berharap dengan tulisan ini akan menggugah hati pemerhati sosial, pejuang sosial atau NGO untuk membantu taman baca Ngudi Ilmu ini. Saya belum pernah mendengar ada bantuan beasiswa bagi anak-anak kurang mampu di lingkungan dusun ini. Mungkin lokasi yang cukup pedalaman menjadikan lokasi ini kurang terjamah. Padahal, keindahan alamnya tak kalah oleh Ubud, Bali. Bisa dikatakan dusun ini terlihat seperti Ubud tahun 70an. Dengan dikelilingi oleh sawah, bukit, gunung, dan sungai-sungai yang berair bening dan berbatu yang masih alami.

Tantangan serius Ngudi Ilmu dan taman baca yang lain, sekarang ini adalah menjaga stamina dan konsistensi pengelola untuk tidak hanya melayani, tapi juga terus mendorong masyarakat gemar membaca. Di sini peran volunter yang mengelola sehari-hari taman baca jadi ujung tombak. Selain berjiwa sosial, idealnya mereka adalah orang-orang yang mencintai dunia buku. Merekalah yang menjadi penghubung antara aktivitas di Dusun dan saya yang nomadic. Tak mudah menemukan orang-orang yang punya dedikasi tinggi terlibat dalam voluntarisme di tengah deru pembangunan ini.

Pasokan buku-buku setiap bulannya adalah kendala lainnya. Meng-up date buku menjadi strategi penting untuk terus menggaet minat masyarakat untuk membaca. Kematian banyak taman baca seringkali dimulai oleh koleksi buku yang itu-itu saja.

Demi menjaga kontinyuitas dan pengembangan taman baca ini Ngudi Ilmu selalu membuka kesempatan bagi Anda dan berbagai pihak yang berminat menyumbang buku, barang-barang permainan anak, atau bentuk dukungan lainnya seperti membangun media online dalam upaya mendukung proses kelangsungan Ngudi Ilmu. Apapun bentuk dukungan Anda, Ngudi Ilmu percaya itu akan selalu bermanfaaat bagi kemajuan anak bangsa.

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi:

Taman Baca Ngudi Ilmu: Dusun Mertelu, Gedang Sari, Gunung Kidul. Kode Pos 55863

Follow him on Twitter @TravelJunkieID

SHARING IS CARING
Share on Google+Share on LinkedInTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *