Vakansi Bersama @wsatcc

Traveljunkieindonesia.com – “White Shoes & The Couples Company is pleased to announce the release of their sophomore album “Album Vakansi” , followup to their previous self-titled debut album and EP, Skenario Masa Muda.

Album Vakansi was released on October 6 2010 on Purapura Records and Demajors. It features Indonesian respected musicians, Oele Pattiselanno and Fariz RM.

Producing Album Vakansi had been quite a tremendous experience. The album speaks for itself as it built upon moments, memories, stories and journeys of each member and as a band, like when they hook up for the first time during their college years back in 2002,or when they travelled The USA for the SXSW and CMJ festival in 2008,or even childhood memories and everything that had been captured in between those time.

It took lots of sound from different instruments to interpret those captured moments into stories and be embedded in Album Vakansi. There are Cellos, violas, violins, trombones, trumpets, electric piano, vintage synthesizers, marimba and many more which made the eclectic sound of Album Vakansi a true representation of storytellers in a musical sense. (DF)”, From wsatcc

Album ini sangat asik dinikmati untuk Anda yang bergaya hidup nomaden dan dalam perjalanan keliling Nusantara. Kenapa? karena album ini bernuansa vakansi dan Indonesia tempo dulu sangat  terasa, seakan-akan kita dibawa keliling Nusantara era 60-70an. WSATCC memang musisi jenius Indonesia masa kini.

“Mari saya ceritakan tentang beberapa lagu dalam album baru ini dan kolaborasi yang kami lakukan dengan beberapa seniman hebat diluar White Shoes & The Couples Company.

“Vakansi” Lagu ini diciptakan oleh Ricky Surya Virgana, Ricky selalu menyerahkan kepada saya sepenuhnya untuk penulisan lirik, karena melodinya sangat tropis dan sarat dengan nuansa tamasya dan berlibur, maka saya tulis liriknya mengenai itu. Teringat album-album kaset jazz combo dari Jack Lesmana yang biasa kita dengarkan dalam mini bus ketika White Shoes & The Couples Company berpergian keluar kota, salah satu pengisi gitar didalamnya adalah Oele Pattiselanno. Maka itu tercetuslah ide untuk berkolaborasi dengan beliau. Lagu ini menjadi sangat spesial karena rekamannya direkam secara live, dengan bantuan Riza Arshad sebagai Sound Engineer yang membuat lagu ini menjadi bernyawa, dan White Shoes & The Couples Company bermusik dengan arransemen pimpinan Oele Pattiselanno. kata Aprilia Apsari vokalis WSATCC

“Kisah dari Selatan Jakarta”, lagu ini di ciptakan oleh oomleo, khusus untuk White Shoes & The Couples Company. Saya sangat menikmati waktu-waktu “nongkrong” bermain musik dengan oomleo, kami bisa seharian memainkan musik apa saja hanya dengan sebuah gitar akustik namun tidak pernah selesai hingga akhir lagu, kecuali untuk lagu-lagu Ismail Marzuki, kami bisa dibilang fans berat. Lagu ini memiliki pengaruh Ismail Marzuki yang sangat kuat, maka itu White Shoes & The Couples Company dengan senang hati menyertakan lagu ini didalam Album Vakansi.

“Ye Good Ol’ Days”, Lagu ini dibuat oleh Ade Firza Paloh, lead vocal dari band SORE. Suatu hari Ade memperkenalkan lagu ini kepada saya dan teman-teman seusai latihan di sebuah studio dimana banyak band-band dari Aksara Records berkumpul. Ade mengatakan lagu ini sengaja ditulis untuk White Shoes & The Couples Company, karena yang menyanyikan enaknya adalah vokal perempuan, Ade pun memberi kebebasan kepada White Shoes & The Couples Company. Awalnya sepertinya sulit, namun setelah itu kami coba dan kami suka sekali dengan hasilnya.

”Matahari”, Lagu ini pada dasarnya di buat oleh Saleh Husein, lead gitar dari White Shoes & The Couples Company, namun liriknya dibuat khusus oleh David Tarigan secara spontan. Lirik ditulis ketika kita akan take vokal didalam studio, proses rekaman yang begitu menyenangkan, karena bernyayi beramai-ramai tanpa beban sama sekali. Saya sengaja menguatkan aksen lokal Indonesia saya ketika berbahasa inggris karena David bilang terdengar lebih eksotis, karena lagu ini inspirasinya dari Indonesia belahan Timur, jadi vokalnya mesti eksotis, seperti layaknya Miriam Makeba dengan sangat anggun menyanyikan lagu-lagu indah berbahasa Inggris dengan lidah Afrika-nya.

“Selangkah Keseberang”, Lagu ini dalah lagu asli dari Fariz RM. Awal pertemuan dengan Oom Fariz (begitulah kami biasa menyebut beliau) adalah ketika Oom Fariz mengundang White Shoes & The Couples Company untuk tampil bersama di konsernya di Rolling Stone Indonesia. Kami membawakan dua buah lagu ketika itu, dan salah satunya adalah lagu ini. Saya pikir orang sudah jarang membuat lagu seperti ini, isinya sarat keoptimisan dan mampu membangkitkan gairah pemuda untuk melangkah maju, paling tidak mampu membakar semangat saya. Jika memiliki dampak seperti ini pada saya , saya rasa tidak mustahil dampaknya juga kemungkinan sama kepada orang lain yang mendengarkannya”. kata Aprilia Apsari, vokalis WSATCC.

Sekian dulu dari saya, Selamat bervakansi bersama White Shoes & The Couples Company.

Follow TJ on Twitter @TravelJunkieID

SHARING IS CARING
Share on Google+Share on LinkedInTweet about this on TwitterPin on PinterestShare on Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *